Latest News

Wednesday, August 12, 2015

Gado-gado 1

Agama dan Kebudayaan
Gaudium et Spes,No62,6

"Oleh karena itu hendaklah kaum beriman hidup dalam persatuan yang seerat-eratnya dengan orang-orang sesamanya dan hendaklah mereka berusaha untuk memahami dengan sebaik-baiknya. Cara penilaian dan pemikiran mereka seperti terungkap didalam kebudayaan mereka. Dengan demikian akan mampulah mereka menafsirkan dan menilai sesuatu dalam semangat Kristen sejati."
dikutip oleh: Yos Gowing B 
ARAH KATEKESE DI INDONESIA
=========================================================================================================================
Ilmu Pengetahuan tentang Manusia
F. Russo
"La Seience et I'in eroyance" (Ilmu Pengetahuan dan ketidakpercayaan), dalam Nouvelle Revve Theologique, 96 (1974) hl. 224 dll.
(Dr. Louis Leahy SJ. L'homme et L'Absolu. Premiere partie Commwnt poser le probleme de Dieu.
Publications S.P.Conisius, B.P. 7245 Kinshasn I, Zaire, 1978, terjemahan dalam Manusia di hadapan Allah, Masalah Ketuhanan dewasa ini.
Oleh P.W Suleman & H. Purnomo, ha;l 24
"Patut dicatat, kata F. Russo, bahwa semakin lama, bahkan ahli-ahli  ilmu pengetahuan yang terjauh dari agama pun, mengakui bhw ilmu pengetahuan tdk dapat menjawab segala pertanyaan manusia. Rupanya evolusi ini bukan timbul dari suatu renungan ttg kodrat ilmu pengetahuan, tetapi dari konstatasi, bhw ilmu pengetahuan itu tdk cocok sama sekali untuk memecahkan semua masalah umat manusia"
=========================================================================================================================
Manusia Mahluk Tidak Bengis
A.de Mello SJ.
"Burung Berkicau" terjemahan dari "The Song of the Bird"
Oleh Adolf SJ
CLC, Jakarta, 1984, hal. 186

"Manusia pada hakekatnya bukan makhluk yang bengis. Ia menjadi bengis, kalau ia merasa tidak bahagia atau kalau ia menganut suatu ideologi. Suatu ideologi melawan ideologi yang lain; satu agama melawan agama yg lain. Dan manusa terhimpit diantaranya."
=========================================================================================================================
Evolusi merupakan seleksi alam
Dr. C.A. van Peursen Prof.
Filosofische Orientatie, diindonesiakan oleh: Dick Hartoks
Orientasi di alam filsafat, PT Gramedia, Jakarta, 1980, hal. 199

"Evolusi merupakan proses seleksi alam (Survival of Fitiest): oleh keadaan lingkungan (air, darat, suhu dan sebagainya) oragan-organ sebuah makhluk diubah dan perubahan ini secara tetap diturunkan dan dengan demikian lambat laun terjadi perubahan-perubahan. Hal ini lalu dikembangkan oleh: Lamarck
=========================================================================================================================
Dlm memetik & menguasai bidang khusus
R.W. Wilde M.A., B. Se., Ph. D
SELF IMPROVEMENT THROUGH PRACTICAL PSYCHOLOGY
Terjemahan dlm Bhs Indonesia: Memperbaiki Diri dgn Bantuan PSIKOLOGI PRAKTIS
Oleh: Drs. Harijadi S. Hartowardoyo, Yayasan Bahtera - Jakarta, Agustus 1980, hal. 17

"Peraturan utama dlm memetik pengetahuan, atau untuk menguasai sesuatu bidang khusus, ialah: masukkan minat ke dalam bidang itu"
"Bangkitkan kesadaranmu dengan minat"
=========================================================================================================================
J. Ortega-y Gasset (1883-1955) filsuf kebudayaan dan kritikus kebangsaan Spanyol
SAYA KAMU OKE. Thomas A. Harris, MD
Yg disadur kembali oleh Adolf H., SJ hal. 79

"Mendefinisikan manusia sebagai suatu makhluk yg lebih banyak terdiri dr apa yg akan ada dr pada apa yg ada sekarang"
=========================================================================================================================
Menjamin Lancarnya Perkuliahan
Siswo Wiratmo SH
Kompas, 20 Agustus 1982

Menurut pengamatan Ketua BKS (Badan Kerja Sama) PTS di wilayah Yogyakarta Siswo Wiratmo SH, untuk menjamin lancarnya perkuliahan, PTS tiap tahun harus bisa mendapatkan sekitar 100 mahasiswa baru. Angka ini tidak boleh ditawar.
Kurang dari itu pasti perkuliahannya tersendat-sendat katanya kepada Kompas.
=========================================================================================================================
Rohani, Jan-1985 thn XXXII No 1
Y.R. Widadaprayitna, SJ, Religiun di tengah para buruh, hal. 13

"Buruh berada di pihak yg lemah. Kelemahan demikian adalah kelemahan struktural, bukan kelemahan kesalahan buruh. Kalau begitu jelas bahwa buruh sebagai manusia tidak mengembangkan martabat manusianya. Menurut istilah Karl Marx, mereka itu berada dalam keterasingan"
=========================================================================================================================
Terjadinya Gelandangan
Mattulada
"Mengapa Menggelandang"
Basis, September 1982 - XXXI 9, hal. 343

Gelandangan terjadi justru karena serbuan orang ke kota, sedangkan masyarakat terasing, cenderung berlari dr keramaian, berpindah dr satu tempat terasing ke tempat terasing lainnya yg sukar dijangkau tempat pemukimannya. Secara sederhana dpt digambarkan, bhw "Masyarakat Terasing" bergelandan di "hulu" dan "masyarakat gelandangan" membuat "keterasingan di hilir"
=========================================================================================================================
Manusia yg tidak lengkap
Prof. Dr. C.A van Peursen
Filsofiche Orientatie, diindonesiakan oleh: Dick Hartoko
Orientasi di alam filsafat, PT Gramedia, Jkt, 1980 hlm. 204

"Selaras dengan jalan pikiran ini, A. Gehlen melukiskan manusia sebagai suatu Mangelwesen, makhluk yg tidak lengkap. Bila dibandingkan dgn hewan-hewan, maka secara jasmani ia memperlihatkan kekurangan-kekurangan. Kekurangan ini menyebabkan manusia mulai merasa ragu-ragu, berbincang-bincang, menerangkan, pokoknya memperlihatkan tanda-tanda kehidupan rohani"
=========================================================================================================================
Hirarki dlm masyarakat dan negara (Jawa)
Onghokham
Prisma No. 6, Edisi Juni 1982, hlm. 5

"Soemarsaid Moertono menjelaskan dlm studinya yang brilian mengenai State and Statecraft in Old Java ("Negara dan Kenegaraan di Jawa masa lampau") bahwa hirarki dlm masyarakat dan negara dijelaskan dengan takdir atau nasib (predestination). Segala sesuatu adalah demikian, dan berjalan demikian, karena telah ditentukan Tuhan, adalah nasib atau takdir."
Soemarsaid Moertono, (revised ed.), state and statecraft in Old Java (Ithaea, New York: Modern Indonesia Project, Cornell University, 1981)
=========================================================================================================================
Arti Seorang Sahabat
Peter G. van Bremen SJ.
As Bread that is Broken, Dimension Books, Denville, New Jersey (AS), 1974
pada Sr. Maria G Scemakarya, OSU, CS: "Semangat Kristiani"
Yayasan Kanisius, Yogyakarta, 1976 hlm 7

St. Agustinus berkata: "Seorang sahabat ialah seorang yg mengetahui segalanya tentang diriku, tetapi tetap menerimaku"
=========================================================================================================================
Antisosial akibat kelainan otak.
Narramore "Encyclopedia of Psychological Problems", Grand Rapids: Zondervan Pub. House, 1975

Narramore, Clyde M.
mengakui kebenaran unsur ini dgn mengutip hasil penemuan dr Silverman bhw dr test EEG (Elektro-encephalogram) 80% dr 75 penjahat yg tergolong anti sosial ternyata punya kelainan pada otak mereka.
* Yakub B. Susabda
"Pastoral Konseling" Jilid I, Gunung Nias, Malang, 1985 hal. 174
=========================================================================================================================
Komunikasi Politik
Ubaldus Koten
"Komunikasi Politik - Komunikasi Massa"
Busos No. 73 (Mei, 1982), hlm. 4

"Komunikasi politik adalah berbagai kontak, interaksi atau hubungan, baik yang bersifat horizontal, maupun yg bercorak vertikal, didalam penanggulangan kehidupan negara serta bangsa. Dkl, komunikasi politik adalah saling hubungan antara sesama warga negara maupun dgn pemegang kekuasaan dlm suatu negara untuk mengupayakan kepentingan dan kemajuan bersama seluruh rakyat"
=========================================================================================================================Akibat Pandangan Dunia
Dr. Louis Leahy SJ.
L'homme et L'absolu. Premiere patie: Comment poser Le probleme de Dieu.
Publications SP. Canisius, BP. 7245 Kinshasa I, Caire 1978
Diterjemahkan kedalam bhs Indo: Manusia di hadapan Allan dan Masalah Ketuhanan Dewasa Ini
Oleh: P.W. Suleman & H. Purnomo, hlm. 22

"Peralihan dr suatu pandangan dunia yg bersifat statis kpd pandangan yg bersifat evolutif, antara lain mengakibatkan manusia terbuka matanya ttg tanggung jawabnya yg berat sekali. Sekarang ia tahu bw hari depannya tergantung pd keputusan-keputusannya, dan tdk dpt dibiarkan di tangan kekuatan-kekuatan alam yg dianggap bersifat otomatis"
=========================================================================================================================
Tiga Aspek Dalam Belajar Bahasa

Kompas, 21 Oktober 1989
Kita tahu, bahwa dalam mengajarkan bahasa ada tiga aspek yang perlu diperhatikan, yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Ketiga aspek itu berturut-turut menyangkut ilmu atau pengetahuan, perasaan dan ketrampilan atau kegiatan berbahasa. Ketiga aspek itu harus berimbang, agar tujuan mengajaran bahasa yang sebenarnya dapat tercapai.
Kalau pengajaran bahasa terlalu banyak mengutak-utik segi gramatika saja, murid tahu tentan aturan bahasa, tetapi belum tentu dia dapat menerapkannya dalam bertutur. Kalau kita belajar bahasa asing, kita tidak hanya hatus belajar kaidah-kaidah bahasa itu, tetapi harus mencari kesempatan untuk dapat menggunakan bahasa itu dalam tuturan. Kita membiasakan diri menggunakan bahasa itu. Kalau tidak, kita tidak pernah dapat menggunakan bahasa itu. Kalau ingin bisa menulis dalam bahasa itu, kita harus melakukannya; semuanya usaha pembiasaan, karena bahasa hanya dapat dikuasai secara aktif, bila kita membiasakan diri menggunakannya.(Yus Badudu )
=========================================================================================================================
Refleksi 07 Agustus 1985, hal 11
Dr. Sofyan Effendi:
Dalam struktur sosial di Indonesia sekarang ini yg paling menonjol adalah struktur dualisme. Yakni duualisme dlm ekonomi:
- Ekonomi kita mengacu pd sistem ekonomi modern
- Namun tdk lepas dr sistem Ekonomi Tradisional
=========================================================================================================================
"With God all things are possible,
Bantam Books, NW, Feb. 1981, hal. 152

A Chinese philosopher onee said:
"Go often to the house of your friend lest weeds spring up in the path and you cannot find the way"
=========================================================================================================================
Pernyataan Penolakan Nuklir
Kompas, 15 Jan 83

Dalam pertemuan Ilmuan dan Agamawan berbicara masalah senjata Nuklir di Wina, ibu kota Austria, 13 Jan 1983 merumuskan perjuangan bersama menentang perang nuklir. Pastor Theodore M. Hesburg. Rektor Univ. Notre Dame di AS mengatakan ancaman nuklir adalah suatu situasi unik. Mungkin merupakan masalah moral terbesar yg selalu menyangkut kemanusiaan. Kita saat ini berusaha sedapat mungkin menghancurkan segala senjata nuklir yg tlh ada. Dan kita harus mulai berunding supaya mencapai perjanjian pembatasan senjata yg riil dan dapat diterima berbagai pihak"
=========================================================================================================================
Cinta
Dr. F. Daehler - J. Chandra,
Percikan Kemanusiaan, Yayasan Kanisius, Yogyakarta, 1973, hlm. 102

"Cinta itu adalah jawaban dan kalau jawaban itu tdk diberikan, tdk kunjung datang, maka cinta aktif lambat laun akan mati juga. Sebetulnya cinta yg penuh baru terwujud kalau sudah ada balasan."
"Yg tidak pernah mengalam cinta dr seorang manusia, tdk mungkin menghayati cinta dr Allah, biarpun ajaran dr agama sempurna"
=========================================================================================================================
Komunikasi
Kompas, 13 Oktober 1985
Hal. 5

"Kata-kata hanya memegang peranan sepele dalam komunikasi, sedangkan 70% dr proses komunikasi berlangsung diluar kata-kata. (O'Neill, N& O'Neill, G dalam Open Marriage, 1972)
=========================================================================================================================
Korupsi di Depan
Harian Terbit, 20 Agustus 1997

Menag Tarmizi Taher:
"Sejak menjabat Sekjen Depag, saya melihat sendiri banyak pejabat Depok yg main suap bahkan dari berbagai daerah membawa uang."
"Saya tdk mau Depag sebagai sumber paling kotor. Kini setelah saya berjuang dana dr haji banyak yg terselamatkan seperti dana abadi untuk bantuan pendidikan yg jumlahnya ratusan milyar." (hal 12) kata Menag, pada pengarahan Upacara 17 Agustus 1997 di halaman kantor Depag
=========================================================================================================================
Makna Cinta (Jatuh)
Dr. Franc Dahler & Julius Chandra
Asal dan Tujuan Manusia (Teori Evolusi)
Yayasan Kanisius, Yogyakarta, 1976, hal. 130

Filsuf Rusia, Solovjev, berkata dalam bukunya "Makna Cina" :
"Jika seorang pemuda jatuh cinta kepada seorang gadis secara serius, ia 'terlempar keluar dari cinta diri'. Ia mulai hidup untuk orang lain." Penyerahan batin ini digambarkan pula secara indah oleh William Shakespeare dalam kisah Romeo & Juliet. Seakan-akan si pecinta kehilangan diri (ingat cerita "The Story of Adele"). Tapi justru disinilah ia menemukan diri. Jika ia tidak menerima dan memberi cinta, ia akan tetap tinggal sendiri, jiwanya tandus, dan kematian psykis menantinya.
Penulis Spanyol yg terkenal, Jose Ortegay Gasset, memberikan pula bhw renungannya ttg makna mendalam dr cinta, dlm essaynya yg berjudul "ON LOVE" :
Di kedalaman sanubarinya, seorang pecinta merasa dirinya bersatu tanpa syarat dgn obyek dr cintanya. Persatuan itu bersifat kebersamaan yg mendasar dan melibatkan seluruh ekosistem
=========================================================================================================================
MAW Brower
Kompas, 11 Juli 1982, hal. 7

Laki-laki, kata Ortega Y Gasset, harus menjadi interesting bagi wanita. Harus berkilau seperti batu intan.
Wanita mulia dlm sejarah:
Cleopatra, Antigone, Yudith, Sarah, Elektra, betapa mulia bukan hebat
Hebat tapi tidak cantik: Golda Meir, Indra Ghanai, Ibu Theresia
=========================================================================================================================
Pendidikan & Keb.
Kompas, 17 Juli 1982, hal. 1

Operasi Tunas III yg merupakan gabungan dr Departemen P&K dan Operasi Tertib, khusus utk mengadakan penelitian penerimaan murid sekolah baru di sekolah-sekolah menengah negeri, menindak SMA dan SMP Medan krn terbukti melakukan penyimpangan dlm penerimaan murid sekolah baru
=========================================================================================================================
Cara utk menyenangkan orang lain Istri dan anak
james K. Van Fleet

Bagaimana supaya disenangi orang lain:
- memberikan perhatian sepenuhnya kepada orang lain
- rahasia memperhatikan istri Anda: ucapkan terima kasih setiap tindakannya, membawakan segelas air, waktu nonton puji sayur yg dimasak
- memperhatikan anak: ajak bermain bersama, bermacam-macam cara
(halaman 264-265)
=========================================================================================================================
Sumber bahan tulisan: membaca
R.J Marjuki, pada makalahnya "Membangkitkan Semangat Menulis"
dlm Pendidikan Pers G.MK Bda & Pemuda Katolik Komda Jabar, 1981

Pokoknya kalau orang memang ingin mendapatkan bahan tulisan ia harus membaca banyak, menonton banyak, mendengarkan banyak, dan menghayati banyak.
========================================================================================================================
Motivasi Menulis
RJ Marjuki, pd makalahnya "Membangkitkan Semangat Menulis"
dalam pendidikan Pers GMK Bandung & Pemuda Katolik Komda Jabar 1981
"Saya menulis untuk memuaskan gejolak hati saya dendam saya, mencari emosional security dan memenuhi emotional need"..
=========================================================================================================================
Tugas kita utk memiliki dunia.
Michael Quoist
Hidup Kristen Abad Modern, Y. Kanisius, Yogya, 1980, hal. 20

"Kita harus menunjukkan kpd mereka bhw memiliki dunia, menguasainya, mempergunakannya, mencintainya, bukanlah berari mengabaikan Tuhan. Justru, hal-hal tersebut berarti mematuhi Tuhan, memuliakan Tuhan. Dan kita harus mengingatkan mereka bhw pd suatu hari Tuhan akan meminta pertanggungan jawab sepenuhnya dr mereka atas pelaksanaan mereka terhadap tugas-tugas tadi"
=========================================================================================================================
Pemimpin Sebagai Komunikator
drs. John Tondowidjojo C.M
"Anda Ingin Usaha Anda Berhasil?"
Busos, No. 73 (Mei, 1982), hal. 8

"Pemimpin sebagai komunikator harus mengenal kebutuhan-kebutuhan dan dorongan-dorongan orang lain. Dorongan-dorongan atau kebutuhan-kebutuhan itu merupakan daya-daya di dalam orang yang menggerakkannya ke perbuatan/tindakan, karya"
- dorongan fisik, ump: lapar
- dorongan psychologis, ump: partisipasi, keikutsertaan
=========================================================================================================================
Tindakan Harus Bermotivasi
Kompas, 7 November 1982
Dewa mini, yg bernama Dewa Ruci itu menegur Bima. Tegurannya ditembangkan dalam tentang durma (nyanyian yg bernada geram dan marah). Teguran itu berbunyi: "aya lunga yen tan wruh ingkang pinaran tan aja mangan ugi lamun tan weruha, rasaning kang pinangan 
aja ngganggo-ngganggo ugi yen durung weruha, arane busa niki".
(Jangan pergi apabila tdk mengetahui tempat yg dituju, jangan makan apabila tajtahui rasa  yg dimakan jgn memakai pakaian sebelum mengetahui namanya)
=========================================================================================================================
Mas Kawin
Soerjano Soekanto,
Sosiologi Edisi baru kesatu, Radar Jaya Offset,
Jakarta, 1982 - (Juni), hlm. 56

"Di kalangan banyak suku-suku di Indonesia, berlaku suatu tradisi yg tlh melembaga dlm diri masyarakat, bhw dlm perkawinan, pihak laki-laki, (yg sering kali) diharuskan memberikan mas kawin kpd pihak wanita, yg seringkali jumlahnya banyak sekali. Dasar adanya mas kawin tersebut adalah antara lain pd alam fikiran bahwa dgn berpisahnya wanita dr keluarganya (krn dibawa oleh suaminya), maka timbul ketidakseimbangan magis dlm keluarga si wanita tersebut."
=========================================================================================================================
Masa Bodoh, Kriminalitas di Indonesia
Dr. Toeti Heraty Noerhadi
Kompas, 20 Agustus 1982, hl. 1
Dr. Toeti Heraly Noerhadi, gejala negatif dlm masyarakat dewasa ini, yg meliputi antara lain meningkatnya kriminalitas, sadisme, pungli, upeti, dan masa bodoh.
========================================================================================================================
Situasi Kebetulan
Harian Pikiran Rakyat
(Bandung: 9 Mei 1982), hlm.1

"Dlm kehidupan ini, saya selalu dibayangi oleh peristiwa-peristiwa kebetulan (coincidence of events) yg merubah jalan hidup saya", kata Drs. Haji Muhammad Wahban Hilal 71 thn.
* Ia pernah ahli organisasi PBB utk bidang pendidikan, sosial dan kebudayaan (UNESCO), org pertama pembuat peta/atlas Indonesia
* kebetulan dia bertemu dgn pegawai yg bekerja di UNESCO - dan menawarkannya jd staf dlm suatu bar di Kota Paris (Org No I dari Indonesia)
========================================================================================================================
Akibat Nihilisme - Menujug Magig
DOROTHY I. MARX
NEW MORALITY (Editing bhs. Indo: Drs. Ganda Warga Setia, Kalam Hidup, Bandung 1978, hlm. 35)
"Orang yg mengalami nihilisme sdh putus asa; mereka lari ke magic dan mistik dan kedunia khayalan mencari-cari sesuatu untuk menemui diri sendiri, untuk merealisasikan dirinya"
* Nihilisme = kekosongan jiwa, kesia-siaan, kehampaan jiwa, malah kehancuran moral
=========================================================================================================================
Masalah Pokok Pendidikan
Alfred N. Whitehead, Aims of Educaton,
Menton Book, New York, 1949, hlm. 97
"There is only one subject matter for education, and that is life in all its manifestations"
* Dr. Phil. Astrid S. Susanto
Filsafat Komunikasi, Binacipta, Bandung
Januari 1976, hlm. 93

No comments:

Post a Comment

Tags